Sistem Informasi Geografi Denah Asrama Putri TPB IPB berbasis Web Menggunakan ALOV Map

Sistem Informasi Geografi Denah Asrama Putri TPB IPB berbasis Web Menggunakan ALOV Map

(Alvira Pasha – 2009)

Link : http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/11551

Hasil Ulasan :
Karya ilmiah berjudul “Sistem Informasi Geografi Denah Asrama Putri TPB IPB berbasis Web Menggunakan ALOV Map” yang ditulis oleh Alvira Pasha dilatarbelakangi karena banyaknya gedung serta kamar penghuni di Asrama Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB sehingga mengakibatkan proses pencarian cenderung sulit. Untuk itu penulis mencoba memberikan solusi yaitu dengan membangun suatu Sistem Informasi Geografi (SIG) interaktif berbasis web mengenai Asrama Putri TPB IPB dengan memadukan antara data peta (spatial) dengan data atribut (bukan spatial) dari ruangan-ruangan yang ada di asrama putri TPB IPB.

Sistem geografi ini dibangun dengan menggunakan ALOV Map. ALOV Map adalah aplikasi WebGIS portabel berbasis Java yang digunakan untuk publikasi data vector dan raster di Internet (Sanjaya 2004). ALOV Map juga dapat digunakan untuk penampilan interaktif pada web browser . ALOV Map mendukung arsitektur penyajian yang cukup komplek, navigasi yang baik dan dapat bekerja dengan multi layer , mendukung taut (hyperlink ) serta data atribut. ALOV Map merupakan produk hasil dari proyek kerja sama antara ALOV Map Software (www.alovsof.com) dan Arceological Computing Laboratory, University of Sydney , Australia.

Sistem ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya mampu menampilkan informasi denah Asrama Putri TPB IPB beserta data attributnya, menampilkan informasi profil Asrama Putri TPB IPB, dan sebagainya. Pengguna sistem ini ada dua kategori, yaitu umum dan administrator.

Dalam penelitian ini, penulis memperoleh data berupa denah dari pengembang gedung dan Badan Pengelola Asrama. Data denah yang diperoleh (file Autocad) dikonversi menjadi file format *.shp dan dilakukan proses digitasi serta pemberian data spatial dan data atribut menggunakan software ArcView. Sedangkan data detail atribut disimpan dalam database (menggunakan MySql). ALOV Map sendiri digunakan untuk mempublikasikan data spatial dan data atribut melalui internet.

Penggunaan ALOV Map merupakan tantangan tersendiri bagi penulis, karena penggunaan ALOV Map masih sangat sedikit dibandingan MapServer yang cukup poluler dan banyak digunakan oleh pengembang Sistem Informasi Geografi. Penelitian yang dilakukan oleh Alvira Pasha sangat bermanfaat khususnya untuk keluarga besar IPB karena dapat membantu seluruh pihak terkait dengan Asrama Putri TPB IPB.

Semoga Bermanfaat.

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment